oleh

Deskranasda Jepara Siap Jalin Kerjasama dengan Bantul dalam Kembangkan Industri Kreatif

BANTUL – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Jepara siap menjalin kerja sama dengan Kabupaten Bantul, dalam pengembangan industri kreatif yang ada di kedua kabupaten tersebut.

“Kami ingin belajar dan sharing terkait perkembangan industri kreatif di Kabupaten Bantul. Kalau diperlukan, kami siap menjalin kerja sama lebih lanjut,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Jepara Hesti Nugroho, saat kunjungan ke kantor Dekranasda Kabupaten Bantul, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga  Sambut HUT Ke-73 Polwan, Polda Kalteng Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang

Disampaikan, Jepara mempunyai potensi industri kreatif yang hampir sama dengan Kabupaten Bantul. Namun, saat ini masih perlu didorong, agar lebih berkembang dan semakin maju.

“Selain ukir yang memang sudah diakui oleh dunia, kami juga ada tenun troso, batik, kerajinan monel, dan juga gerabah sebagaimana di Kabupaten Bantul. Ini yang akan kita dorong,” kata Hesti, dilansir jatengprov.go.id.

Ditambahkan, Kabupaten Bantul juga dikenal sebagai salah satu daerah pengrajin batik tulis di Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya Kampung Batik Giriloyo. Pihaknya juga menginginkan kesuksesan yang sama untuk batik Jepara.

Baca Juga  Menteri PAN-RB Mengesahkan Program Reformasi Birokrasi BPKN RI 2020-2024

Ketua Dekranasda Bantul Emi Masruroh Halim menyampaikan, saat ini Kabupaten Bantul tengah konsen mengembangkan kerajinan batik. Selain Giriloyo yang merupakan sentra batik tulis, juga batik Pandak yang lebih kontemporer, dan sentra batik Nitik Kembangsongo.

“Ini sudah mulai kita kembangkan, semoga Jepara juga dapat mengembangkan sentra batik juga,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Bantul, Agus Sulistiyono juga mengakui kemiripan Jepara dan Bantul. Keduanya merupakan kota wisata yang didukung dengan budaya, kerajinan, dan industri kreatifnya.

Baca Juga  Kolaborasi Sukseskan Vaksinasi Covid-19 bagi Awak Media

“Kalau saat ini Jepara yang datang ke sini, kami juga ingin belajar ke Jepara. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa kerja sama dan ke sana,” katanya. (*/cr1)

News Feed