oleh

Pj Bupati Bekasi Kunjungi Pondok Pesantren Tertua Al-Baqiyatussholihat

CIBARUSAH – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan berziarah ke makam tokoh ulama dan pejuang asal Cibogo Cibarusah, KH Raden Ma’mun Nawawi di Komplek Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat, Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah, pada Rabu (11/08/21).

Selain berziarah, Dani Ramdan berkunjung ke Pondok Pesantren Al Baqiyatussholihat yang merupakan pesantren tertua di Kabupaten Bekasi, yang didirikan oleh KH Ma’mun Nawawi pada tahun 1938.

Baca Juga  Polres Minahasa Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir Papakelan Tondano

“Hari ini saya berziarah ke makam KH Ma’mun Nawawi, seorang ulama dan pejuang, salah satu putra terbaik dan pahlawan bagi Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Kepala Desa Sindangmulya, Selpia Indriyani, menyampaikan kepada Pj Bupati Bekasi terkait rencana penataan makam dan nama Jalan KH Ma’mun Nawawi yang diusulkan pada Musrenbang Desa beberapa waktu lalu.

“Kami berharap Pak Pj Bupati dapat membantu untuk merealisasikannya, termasuk usulan renovasi masjid,” kata Selpia.

Baca Juga  Ahmad Muzani: Peningkatan Spiritualitas Dapat Meningkatkan Imun Kita Agar Tetap Terjaga Hadapi Ancaman COVID-19

Pj Bupati Bekasi, didampingi Camat Cibarusah Muhammad Kurnaepi, pada kesempatan tersebut, menerima buku Biografi KH. Raden Ma’mun Nawawi sebagai ulama besar asal Cibogo Cibarusah yang juga ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan.

Pada masa perang kemerdekaan KH. Raden Ma’mun Nawawi pernah mengadakan pelatihan militer santri Hizbullah di Cibarusah. Para santri itu kemudian dikirim ke Bekasi untuk menghadapi tentara sekutu secara frontal di bawah komandan yang juga teman seperjuangannya yang dikenal sebagai Singa Karawang-Bekasi, yaitu KH. Noer Ali.

Baca Juga  Pelatihan Guru untuk Pendidikan Demokrasi di Lombok Barat

KH. Ma’mun Nawawi wafat pada 7 Februari 1975 pada usia 63 tahun dan dimakamkan di Komplek Pondok Pesantren Al-Baqiyatus Sholihat Cibogo Cibarusah. (*/cr1)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed