oleh

PDHI Jakarta Gelar Layanan Drive Thru Vaksinasi Bagi HPR

Jakarta – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta mengadakan layanan drive thru vaksinasi rabies dan pengobatan gratis bagi hewan penular rabies (HPR). Layanan ini diselenggarakan di halaman belakang Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, layanan drive thru ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Anti Rabies Sedunia yang puncaknya akan diperingati pada 28 September.

“Hingga pukul 10.00, dari 45 HPR yang didaftarkan secara online sudah ada 33 HPR yang kami layani. Layanan hari ini akan kita tutup hingga pukul 12.00. Layanan akan dilanjutkan besok pagi sekaligus menjadi hari terakhir layanan drive thru ini,” ujarnya, Senin (27/9).

Baca Juga  Akhirnya Layanan Angkutan Sampah Beroprasi Kembali

Menurutnya, 33 ekor HPR tersebut meliputi kucing 21 ekor dan anjing 12 ekor. Selain vaksinasi, puluhan HPR ini juga diberikan pengobatan ringan berupa pemberian vitamin, perawatan medis ringan dan konsultasi gratis. Pemilik HPR yang memanfaatkan layanan ini juga diberikan suvenir berupa makanan hewan baik untuk anjing maupun kucing.

“Warga yang ingin mendapatkan layanan drive thru ini bisa mendaftarkan peliharaannya secara online atau datang langsung dengan syarat untuk vaksinasi rabies hewan harus sehat, usia di atas enam bulan dan tidak sedang hamil kecuali untuk pengobatan dan konsultasi dokter,” terangnya.

Baca Juga  Kapolri Idham Azis Angkat Irjen Petrus Glose Sebagai Kepala BNN

Salah seorang dokter dari PDHI DKI Jakarta, Hairiza menuturkan, rata-rata warga yang datang memeriksakan peliharaannya merasakan keluhan sakit flu dan batuk karena sistem imun tubuh yang menurun.

“Kita berikan vitamin, jika ada obat yang sesuai dengan gejala penyakit kita berikan termasuk perawatan medis. Kita juga berikan resep dokter untuk penyakit lebih lanjut serta edukasi cara merawat binatang yang baik,” ungkapnya.

Baca Juga  Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Jadi Perhatian Balai Besar Kartini Temanggung

Sementara itu, salah seorang warga pemilik HPR yang tinggal di Jalan Walang RT 06/01, Kelurahan Tugu Utara, Yuni Santi mengaku memiliki 27 ekor kucing dan rutin ikut program vaksinasi rabies.

“Saya mendapatkan informasi layanan drive thru gratis dari tetangga. Terima kasih kepada Sudin KPKP Jakarta Utara dengan adanya program seperti ini meringankan beban para pecinta kucing seperti saya, semoga semua kucing sehat dan semakin disukai warga maupun pemiliknya,” tandasnya. (*/cr1)

Sumber: beritajakarta.id

News Feed