oleh

Manfaat dan Khasiat Buah Jeruk, Buah Yang Kaya Akan Vitamin C

Dari banyaknya buah yang baik untuk menjaga kesehatan, jeruk mempunyai banyak keistimewaan yang bisa membuat tubuhmu lebih sehat dan terlindung dari berbagai macam masalah. Kata ahli, buah yang kaya akan vitamin C ini bisa menurunkan kolesterol hingga mengontrol tekanan darah.

Selain vitamin C, kita juga bisa menemukan serat, kalsium, kalium, thiamin, dan folat dalam buah jeruk. Kandungan nutrisi tersebut tentu sangat berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, sekaligus mendukung kesehatan kita.

Lalu, apa saja manfaat buah jeruk ini bagi kesehatan?

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan senyawa flavonoid hesperitin dan naringenin di dalam jeruk memiliki efek positif terhadap kanker. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jus jeruk dapat mengurangi risiko leukemia, kanker payudara, hati, dan usus besar. Beberapa manfaat tersebut didapatkan karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sifat antioksidan, serta kualitas antiproliferatif dan antimutageniknya.

  1. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal
Baca Juga  Posyandu Jadi Garda Terdepan Pantau Kesehatan Ibu dan Anak

Manfaat buah jeruk berikutnya dipercaya mencegah terbentuknya batu ginjal. Jeruk mengandung citric acid and citrates, di mana keduanya telah terbukti mencegah pembentukan batu ginjal. Pasien dengan batu ginjal mungkin diresepkan potassium citrate untuk membantu mengatasi kondisinya, namun kandungan citrates yang ditemukan dalam jeruk tampaknya memiliki efek yang sama.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Buah jeruk mengandung senyawa flavonoid, seperti hesperidin. Menurut sebuah studi, kandungan ini dipercaya memiliki efek protektif terhadap jantung. Kandungan serat dalam buah ini pun diyakini memiliki efek yang sama. Konsumsi buah jeruk dengan rutin berpotensi untuk menjaga jantung senantiasa sehat.

  1. Mencegah Anemia
Baca Juga  Antisipasi Penyebaran Covid-19, 111 Pegawai UP PKB Pulogadung Jalani Swab Antigen Massal

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga menurunkan kemampuannya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Seringkali, kondisi anemia dipicu oleh kekurangan zat besi.

Buah jeruk merupakan sumber yang baik untuk vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Kedua asam ini membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi di saluran pencernaan.

  1. Merawat Sistem Pencernaan

Banyak masakan Cina yang menggunakan kulit jeruk untuk disajikan bersama daging merah. Alasannya kulit jeruk bisa membantu mencerna makanan berlemak.

Oleh sebab itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk mengonsumsi segelas air lemon demi menjaga pencernaan. Sebab air lemon yang asam ini bisa membantu membersihkan sampah makanan yang tertinggal dalam pencernaan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Baca Juga  Ternyata Ini Manfaat Manggis Bagi Tubuh Kita

American Journal of Clinical Nutrition mengklaim bahwa jus jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat tinggi. Satu porsi jus jeruk memiliki lebih dari 200% kebutuhan vitamin C tubuh.

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, berfungsi sebagai antioksidan utama dalam tubuh yang berguna untuk menghancurkan atau menetralkan radikal bebas.

Selain itu, asam askorbat adalah salah satu komponen dasar kolagen yang diperlukan untuk memperbaiki sel dan untuk pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga kaya akan vitamin A. Vitamin A telah dikaitkan dengan kesehatan mata. Meningkatkan asupan vitamin A dalam menu makanan sehari-hari dapat mencegah kebutaan di malam hari dan degenerasi macula.

Sumber : siberindo.co

News Feed