oleh

Apindo Nilai Provinsi Jateng Sangat Ramah Investasi

SEMARANG – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah menilai Provinsi yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo sangat ramah investasi. Bukan hanya kesediaan lahan, sumberdaya manusia yang dimiliki juga berkualitas dan adaptif.

Ketua Apindo Jawa Tengah, Frans Kongi menuturkan, secara keseluruhan Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang digandrungi banyak investor. Hal itu berdasarkan atas perkembangan pembangunan Provinsi Jawa Tengah dari waktu ke waktu kian baik.

“Secara keseluiruhan saya melihat Jateng salah satu provinsi yang betul-betuk baik untuk investasi dibanding provinsi lain. Jateng juga ramah investasi dan diincar para investor. Ini karena dilihat perkembangan dari waktu ke waktu sangat baik,” ujarnya, Minggu (15/8/2021).

Baca Juga  Menteri Risma Terkesan Dengan Langkah SMSI

Frans membeberkan, Jawa Tengah sudah memiliki infrastruktur yang baik dan memadai untuk dunia investasi. Seperti jalan raya, pelabuhan, stasiun kereta api, terminal, bandar udara dan lain sebagainya.

“Kita lihat kita punya infrastruktur yang baik. Ada pelabuhan, kereta api dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Selain infrastruktur, Jawa Tengah juga masih memiliki lahan yang berpotensi untuk investasi industri. Lahan-lahan itu sangat penting untuk kesediaan industri bagi investor.

Baca Juga  Hadirnya GeNose C19 Dapat Bantu Sektor Industri Pariwisata

“Lahan industri Jateng ini masih banyak. Pemerintah provinsi yang ditopang kabupaten/ kota selalu seperti yang kita harapkan, dunia usaha harapkan. Apindo sering minta pemerintah untuk siapkan lahan industri. Karena tanah itu penting untuk dunia industri,” paparnya.

Kelebihan Jawa Tengah di dunia investasi, tambah Frans, adalah ketersediaan sumberdaya manusia yang banyak dan adaptif. Ditunjang dengan pemernitah yang bertekad meningkatkan skill keterampilan tenaga kerja.

“Di samping itu kita lihat secara keseluruhan sumberdaya manusia di Jateng cukup banyak potensi, mudah beradaptasi dan belajar. Ini sangat menguntungkan,” terang dia.

Baca Juga  Badan POM Diminta Dorong Pengembangan Vaksin Nusantara

Iklim keamanan di Jawa Tengah juga relatif kondusif. Hubungan antara pengusaha dengan pekerja disebutnya sangat baik.

“Keamanan di Jateng secara umum bagus, secara khusus keamanan di Jateng di bidang tenaga kerja itu sangat baik. Ini kita lihat Gubernur Ganjar luar biasa selalu turun ke bawah ketemu buruh. Kondusivitas ini bisa menarik investor,” tandasnya. (*/cr1)

Sumber: aceh.siberindo.co

News Feed